Sabtu, 21 November 2009

Berperang Melawan Laut


Sejak dulu, laut sdah menjadi sumber penghidupan. Di dalamnya hidup berbagai jenis ikan yang bisa dijadikan makanan bagi manusia. Terumbu karang yang dapat dijadikan sebagai aset, dan laut juga bisa digunakan untuk sarana transportasi, menjelajahi belahan dunia dengan memakai kapal laut.
Namun, bisa saja laut menjadi musuh manusia. Musuh manusia yang mematikan. Karena semakin lama air laut akan meningkat dan menenggelamkan daratan. Meningkatnya air laut disebabkan mencairnya es-es yang berada di kutub utara dan selatan oleh peningkatan suhu di permukaan bumi. Hal itu terjadi secara perlahan, namun pasti.
Menurut para ahli, pada abad 20 tinggi air laut di seluruh dunia telah meningkat 10-25 cm, dan pada abad 21 diperkirakan terjadi peningkatan muka air laut 9-88 cm. Dan di tahun 2100 akan terjadi peningkatan air laut setinggi 15-90 cm.

Apa artinya?

Meningkatnya air laut akan membuat abrasi yang sangat parah di sekitar pantai.Padahal, kebanyakan kota-kota besar dunia berda di daerah pantai. Juga membuat pulau-pulau kecil tenggelam, hilang ditelan air laut. Juga berakibat berkurangnya daratan di permukaan bumi.
Maka saat itulah laut menjadi musuh mannusia. Bencana yang disebabkan ulah manusia akan menyebabkan kerusakan terus menerus di permukaan bumi.

Katakanlah: "Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, yang kamu berdoa kepada-Nya dengan rendah diri dengan suara yang lembut (dengan mengatakan: "Sesungguhnya jika Dia menyelamatkan Kami dari (bencana) ini, tentulah Kami menjadi orang-orang yang bersyukur”." (QS. Al-An’am: 63)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar