Senin, 16 November 2009

PLUS MINUS KOPI


Kopi munkin menjadi minuman yang paling dikenal masyarakat dunia. Minuman hitam ini telah dikenal manusia sejak ratusan tahun yang lalu. Tak heran jika 80 persen didunia minum kopi sedikitnya 1 cangkir sehari. Jadi Anda bukan satu-satunya penggemar kopi di bumi ini.
Minum kopi memang menimbulkan efek segar bai tubuh, karena didalam kopi mengandung kafein. Satu cankir kopi rata-rata mengandung 100-150 milligram kafein.
Dalam The Pharmacological Basis of Theraoeutics oleh Dr. Murd,och Ritchie disebutkan bahwa manfaat kafein antara lain: menambah kecepatan berpikir dan inspirasi, mengurangi rasa kantuk dan kelelahan, meningkatkan sensor stimuli dan reaksi motorik; misalnya seorang yang mengetik akan bekerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan yang kecil.
Secara kedokteran, menurut Dr. Ritchie, kafein ang terdapat dalam 1-2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah cai maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita lebih segar.
Sayangnya, kebiasaan minum kopi seringkali menimbulkan kecanduan, baik secara psikologis maupun fisiologis. Ciri umum kecanduan antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau sehari tak minum kopi.
Konsumsi kopi yang wajar adalah 85-200 mg, atau 1-3 cangkir kopi. Namun, minum kopi diatas 250 mg sekaligus dapat menyebabkan gangguan, seperti jantung berdebar, gelisah, sulit tidur,gugup, tangan bergetar, bahkan mual sampai muntah-muntah.
Minum kopi juga berbahaya bagi penderita hypertensi karena senyawa kafein dapat menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga meningkatkan aliran darah ke ginjal yang berakibat meningkatnya produksi urin.
Kafein dalam jumlah besar, misalnya jika kita minum 10 cankir kopi berturut-turut, juga bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain: muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah besar juga dapat menjadi zat yang mematikan. Tapi jangan takut, kafein baru bisa mematikan manusia jika dikonsumsi 10 gram. Jumlah ini setara dengan 100 cangkir kopi yang diminum berturut-turut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar