Senin, 16 November 2009

PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET

1. Perangkat Keras (Hardware) Komputer
Komputer merupakan syarat mutlak untuk mengakses internet. Secara umum, hardware komputer yang diperlukan dalam mengakses internet hampir sama dengan komputer biasa. Spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksinya melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses internet. Spesifikasi komputer minimal antara lain :
a. Komputer minimal memakai processor 486 DX
b. RAM (Random Access Memory), kapasitas yang bisa digunakan kurang lebih 32 (megabyte). RAM tersebut digunakan untuk menyimpan data, gambar, suara atau program aplikasi yang penyimpanannya bersifat sementara.
c. Harddisk, berfungsi menyimpan data secara magnetik.
d. VGA (Video Graphics Array) card, berfungsi untuk mengubah data yang akan ditampilkan pada monitor.
e. Monitor, merupakan perangkat keluaran yangberfungsi menampilkan proses kerja dari komputer.

Selain hardware komputer yang umum, juga diperlukan hardware tambahan sehingga memungkinkan Anda mengakses internet melalui komputer. Beberapa hardware yang diperlukan :
a. Modem, terdiri dari modem internal dan modem eksternal. Alat ini digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
b. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (shielded Twisted Pair)
c. Konektor RJ 45, dipakai sebagai penghubung kabel UTP.
d. Kabel koaksial, dipakai sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya.
e. Wirelles Adapter, digunakkan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa memakai kabel. Adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika.
f. Switching, digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu.
g. Router, dipakai untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada komputer khusus. Perbedaan router dengan modem adalah router hanya dipakai dalam server jaringan. Dalam hal ini, router dan modem merupakan satu kesatuan pada server jaringan. Pada sistem ini bukan jaringan tidak diperlukan router, cukup memakai modem untuk menghubungkan PC dengan jaringan komunikasi.
h. Ethernet Card (LAN Card), dipakai sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang terkoneksi. Etherne card yang disebut juga Network Interface Card (NIC) dapat dibeli sesuai kebutuhan. Jika memakai kabel UTP, maka diperlukan ethernet card dengan interface UTP. Jika memakai kabek BNC, maka diperlukan ethernet card dengan interface BNC. Ethernet card yang tedapat di pasaran saat ini adalah interface UTP dan BNC yang disebut dengan network card combo. Ethernet card bekerja dengan memakai kecepatan transfer data dalam satuan bit per second (bps). Kecepatan tersebut dimulai dari 10 bps, 100 bps, dan 1000 bps. Jenis-jenis ethernet card antara lain:
1) ethernet
2) fast ethernet
3) gigabit ethernet
Perbedaan jenis-jenis ethernet card terdapat pada kecepatan transfer datanya. Jenis ethernet mempunyai kecepatan transfer data sebesar 10 bps. Jenis fast ethernet mempunyai kecepatan transfer data sebesar 100 bps, dan Jenis gigabit ethernet mempunyai kecepatan transfer data sebesar 1000 bps. Di pasaran saat ini terdapat Network Interface Card (NIC) dengan kemampuan bekerja 3 speed. NIC tersebut disebut juga dengan combo adapter.

2. Perangkat Lunak (Software)

Kebutuhan software sangat ditentukan oleh kebutuhan hardware yang digunakan. Jika Anda memakai processor Pentium 75, maka system operasi yang mungkin untuk digunakan adalah Windows 95. Jika processor yang digunakan adalah Pentium 4, maka system operasi yang bisa dipakai adalah Windows XP atau Windows Vista. Beberapa jenis dan versi software yang bisa digunakan antara lain:
a. Sistem Operasi, diantaranya windows 95, Windows 97, Window 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Linux, dan lain-lain.
b. Browser, diantaranya Netscape Naavigator, Neoplanet, Internet Explorer, dan lain-lain.
c. E-mail, diantaranya Internet Mail, Outlook Express, Netscape Mail, dan lain-lain.
d. Chatting, diantaranya mIRC, ICQ, Yahoo Messenger, dan lain-lain.
e. FTP (File Transfer Protocol), diantaranya Gotzilla, WSFTP, dan lain-lain.

3. Saluran Telepon (Line Telephone)

Saluran telepon merupakan salah satu syarat paling utama untuk mengakses internet. Saluran telepon dapat disambungkan melalui modem, baik modem eksternal maupun modem internal. Selain memakai saluran telepon, Anda juga dapat mengakses atau membuka internet melalui saluran berikut:
a. Satelit
b. Saluran TV kabel
c. Gelombang radio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar